Jumat, 04 November 2011

Hewan Kidal

Kidal adalah suatu kebiasaan (sering) yang cenderung  menggunakan tangan kirinya untuk melakukan aktifitas sehari hari.Meski kidal sering terlihat pada manusia di sekitar kita ,namun tahukah anda ?pada sebagian hewan ternyata ada yang kidal juga,mari kita simak hewan apa saja yang cenderung kidal :

1.Primata 

















Primata adalah mamalia yang menjadi anggota ordo biologi Primates.Hewan yang ada dalam ordo ini yaitu kera,lemur,monyet,dan tarsius.
Kebanyakan primata juga memperlihatkan kecenderungan untuk menggunakan tangan yang satu lebih daripada yang lainnya meskipun populasi mereka tidaklah terutama menekankan tangan kanan

2.Beruang Kutub (Polar Bears)















Beruang kutub cenderung menggunakan tangan kirinya  untuk menangkap mangsa.

3.Burung Beo
















Burung ini juga di kenal dengan nama mamiang, atau tiong emas (Gracula) adalah sejenis burung anggota suku Sturnidae (jalak dan kerabatnya)
 
Dalam penelitian yang dipublikasikan jurnal ilmiah "Biological Letters," Brown dan rekannya meneliti sekitar 320 burung beo dari 16 spesies yang berbeda di Australia untuk melihat mata mana yang mereka gunakan untuk melihat makanan yang potensial.

Ternyata mereka menemukan bahwa sekitar 47 persen menggunakan tangan kiri (kidal), 33 persen menggunakan tangan kanan dan sisanya menggunakan kedua tangan. Sebagai tambahan, dalam beberapa kasus, burung muda tampak mencoba kedua sisinya sebelum akhirnya memutuskan menggunakan satu sisi yang sesuai.

4.Siput Satsuma
Siput kidal bisa ditemui pada jenis siput satsuma yang habitatnya di negara matahari terbit (Jepang). Siput satsuma kidal mempunyai alur lingkaran cangkang yang berlawanan dengan arah jarum jam, sementara siput satsuma normal kebalikannya. 

Siput kidal juga memiliki posisi alat kelamin yang berbeda dari siput normal, satu di kanan dan satu di kiri. Karenanya, siput kidal tak bisa kawin dengan siput normal, menciptakan fenomena ketidaksesuaian reproduksi. 

Sumber : youtube.com (gambar)dan berbagai sumber lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya