Minggu, 06 November 2011

Makna Kurban

Makna Kurban berawal dari kisah Nabi Ismail yang rela akan di sembelih oleh bapaknya yaitu Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT,namun karena keikhlasan dan ketaatan mereka kepada Allah SWT maka Allah menggantinya dengan seekor kambing.

Inilah ucapan Nabi Ismail kepada bapaknya (Nabi Ibrahim) :
"Wahai ayahku! Laksanakanlah apa yang telah diperintahkan oleh Allah kepadamu. Engkau akan menemuiku insya-Allah sebagai seorang yang sabar dan patuh kepada perintah. Aku hanya meminta dalam melaksanakan perintah Allah itu, agar ayah mengikatku kuat-kuat supaya aku tidak banyak bergerak sehingga menyusahkan ayah, kedua agar menanggalkan pakaianku supaya tidak terkena darah yang akan menyebabkan berkurangnya pahalaku dan terharunya ibuku bila melihatnya, ketiga tajamkanlah parangmu dan percepatkanlah perlaksanaan penyembelihan agar menringankan penderitaan dan rasa pedihku, keempat dan yang terakhir sampaikanlah salamku kepada ibuku berikanlah kepadanya pakaian ku ini untuk menjadi penghiburnya dalam kesedihan dan tanda mata serta kenang-kenangan baginya dari putera tunggalnya."  

Kemudian dipeluknyalah Ismail dan dicium pipinya oleh Nabi Ibrahim seraya berkata: "Bahagialah aku mempunyai seorang putera yang taat kepada Allah, bakti kepada orang tua yang dengan ikhlas hati menyerahkan dirinya untuk melaksanakan perintah Allah".

Pelajaran yang dapat di ambil dari kisah ini adalah sebuah ketaatan kita kepada Allah dan kebaktian kita sebagai seorang anak kepada orang tua.Orang tua harus kita hormati dan kita hargai karena telah banyak berkorban waktu ,tenaga,pikiran,materil,kasih dan sayang untuk menghidupi kita dari semenjak lahir belum bisa apa apa hingga dewasa sampai saat ini.Sebagaimana Nabi Ismail ,sebagai bukti patuh dan baktinya dia kepada bapaknya sehingga dia pun rela akan di sembelih oleh Nabi Ibrahim atas perintah Allah SWT.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Isma'il

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentarnya